Perbedaan antara yang MUNGKIN dan TIDAK MUNGKIN, terletak pada TEKAD KITA.

Kamis, 07 Oktober 2010

Kendala dan Upaya Kepala Sekolah dalam Menata Sekolah


Sebagai Kepala Sekolah, tak perduli apakah Kepala SD/MI, SMP/MTs, maupun SMA/MA, selalu saja dihadapkan kendala dalam melaksanakan tugas manajerial atau akademik di satuan pendidikannya.

Kendala-kendala yang dihadapi kebanyakan kepala sekolah tersebut, antara lain:
1. Kelangkaan atau rendahnya mutu sumber daya (waktu, dana, fasilitas, staf)
2. Kurang memadainya ukuran dan tidak tepatnya lokasi sekolah.
3. Guru-guru dan staf kurang cakap dalam bidangnya.
4. Tidak adanya renstra di tingkat sekolah, lokal, daerah, bahkan nasional.
5. Tidak adanya perencanaan karier yang baik bagi kepala sekolah.
6. Jumlah peserta didik yang terlalu banyak, sementara ruang kelasnya kurang.
7. Kurangnya dukungan kebijakan pemerintah (daerah atau nasional).
8. Kurangnya dukungan orang tua peserta didik.
9. Lemahnya komunikasi antara :
- Kepala sekolah dan masyarakat
- Kepala sekolah dan dinas pendidikan
- Kepala sekolah dan staf sekolah
10. Kondisi pelayanan & birokrasi yang masih sulit.
11. Lambannya perubahan dalam sistem.
12. Tingginya tensi muatan politik dalam mengambil kebijakan.

Seranai (daftar) kendala di atas tentunya tidak memuat semua hal. Namun, penting diingat bahwa beberapa kendala mungkin hanya bersifat sementara jika Anda berusaha untuk :
1. Bersikap positif
2. Kreatif dan inovatif
3. Berusaha mengajak staf untuk menyampaikan gagasan.
4. Realistik tentang apa yang dapat Anda dan sekolah Anda capai.
5. Menerima peningkatan terus-menerus sebagai falsafah.
6. Benar-benar optimis dalam menangkap dan memanfaat setiap celah peluang yang Anda peroleh.
7. Tidak memandang staf, masyarakat, dan sekolah lain, atau Dinas Pendidikan sebagai pesaing (Karena pendidikan hakikatnya adalah upaya kerja sama).

Semoa hal tersebut membantu mengatasi masalah Anda.

Sumber : MANAJEMEN SEKOLAH , PUSDIKLAT PEGAWAI DEPDIKNAS 2005

Tidak ada komentar:

Posting Komentar