Perbedaan antara yang MUNGKIN dan TIDAK MUNGKIN, terletak pada TEKAD KITA.

Rabu, 12 Januari 2011

Pelatihan Tata Cara Pengurusan Jenazah (Fardhu Kifayah) di Muara Kaman



Pelaksanaan Pelatihan Tata Cara Pengurusan Jenazah (Fardhu Kifayah)dan Pelatihan Khotib, Imam, dan Bilal Shalat Jumat, yang dilaksanakan Rabu, 7 Shafar 1432 H./ 12 Januari 2011 di Masjid Nurul Iman Kecamatan Muara Kaman berjalan sukses.

Sosok Pemimpin yang paling berperan dalam penyelenggaraan kegiatan ini tak lain, adalah Camat Muara Kaman (H. Erlian, S.Pd, S.Sos, MM). Dengan mengeluarkan dana secara pribadi, Beliau mendatangkan nara sumber dari Kantor Kementerian Agama, Tim Penggerak PKK, dan MUI Kabupaten Kutai Kartanegara. Nara Sumber yang berkenan memberikan materi Pelatihan antara lain : Drs. H. Saberah MM, Drs. H. Idar Jafar, keduanya dari Kantor Kementerian Agama. Drs. KH. Aminuddin Edi, MM, yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum MUI yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kutai kartanegara juga menyempatkan hadir memenuhi undangan Camat.

Tak kurang 61 peserta yang terdiri dari Desa Muara Kaman Ulu dan Muara Kaman Ilir sangat antusias mengikuti kegiatan Pelatihan ini. Semula peserta yang terdaftar hanya 30 orang, namun tingginya minat tokoh masyarakat dan pemuka agama di daerah ini untuk mengikuti kegiatan tersebut, maka jumlah peserta melonjak dari jumlah yang telah didaftarkan sebelumnya.

Menurut H. Erlian, " Tata cara pengurusan jenazah (fardhu kifayah) bukanlah semata-mata tugasnya para Pengurus Masjid/Mushola/Langgar, atau pemuka agama saja, melainkan tugas kita semua sebagai anggota masyarakat muslim.Dalam pada itu saya memohon dengan penuh kesungguhan agar materi dan ilmu yang telah Bapak/Ibu dapatkan dalam Pelatihan ini dapat disebarluaskan kepada saudara-saudara kita yang belum sempat hadir dalam kesempatan ini."


Beliau juga mencanangkan bahwa kegiatan ini akan kembali dilaksanakan dengan mengundang peserta dari desa lain yang berada di wilayah Kecamatan Muara Kaman. Pelaksanaannya diformat sedemikian rupa akan dengan pelatihan singkat tersebut memberikan dampak positif dan pengetahuan yang seluas-luasnya kepada para Petugas khususnya dan lapisan masyarakat pada umumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar