Perbedaan antara yang MUNGKIN dan TIDAK MUNGKIN, terletak pada TEKAD KITA.

Sabtu, 18 Juni 2011

SISI LAIN MENGHADAPI UJIAN UNTUK RAIH PRESTASI


Ketika berbincang ringan dengan teman saya, Sani Bin Husain di sudut Kampus Manajemen Pendidikan Jl. Kelua, Universitas Mulawarman, Samarinda, ada satu tips menarik bagi peserta didik kita dalam menghadapi Ujian Nasional. Bukti nyata dari hasil pengembangan belajar yang Beliau terapkan, adalah nilai maksimal (100) yang diperoleh beberapa siswa SMP IT Cordova dalam UN 2011 tadi. Tak heran Beliau mendapat reward dari Yayasan untuk melakukan studi banding di beberapa daerah luar Provinsi Kalimantan Timur.

Berangkat dari pembicaraan ringan tersebut, memberikan inspirasi bagi saya untuk sekadar sumbang pemikiran mengenai tips meraih prestasi dalam menghadapi Ujian Nasional (UN), yang selama ini masih menjadi momok bagi para calon peserta UN.

1.Tingkatkan Motivasi Belajar.
Peserta didik yang tanpa motivasi berarti mati suri. Sukses tidaknya peserta didik dalam menghadapi UN sangat ditentukan oleh tinggi-rendahnya motivasi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UN. Peserta didik akan memiliki energi belajar yang luar biasa manakala memiliki motivasi yang kuat dan hebat.

2.Hadapilah UN dengan Tenang dan Proporsional.
Hadapilah ujian ini dengan sikap yang tenang dan proporsional bahwa ujian sebagai sesuatu yang harus dihadapi, dilalui. Sikap tenang akan memungkinkan kita menyusun rencana dan menentukan strategi jitu untuk menjalaninya dengan senang.

3.Perbanyaklah Mengerjakan Latihan Soal.

Ala bisa karena biasa” Peserta didik harus kita tingkatkan porsi berlatih memecahkan latihan-latihan soal ujian dengan cepat, cermat, dan tepat. Dengan sering berlatih maka kita terbiasa dan terlatih, sehingga tidak cemas atau grogi dalam menghadapi soal Ujian Nasional (UN). Kapan waktunya? Awal tahun ajaran manakala peserta didik duduk di kelas terakhir pada jenjang pendidikan, atau satu tahun sebelum UN dilaksanakan.

4.Mohon Doa Restu dari Orang Tua.
Satu hal yang banyak terlupakan oleh peserta didik kita adalah doa dari Sang Ibunda yang mempunyai kekuatan dan energi sangat dahsyat untuk sebuah prestasi. Yakinlah bahwa jika kita lulus maka orang tua kita akan senang dan bangga. Jadikanlah perjuangan menghadapi UN sebagai ajang untuk mempersembahkan yang terbaik kepada kedua orang tua kita tercinta. Sujudlah ke pangkuan mereka di setiap kesempatan sembari memohon doa restu pada mereka agar kita diberi kemudahan demi kemudahan dalam setiap ajang perjuangan kita. Senyum bahagia yang mengembang dari sudut bibir orang tua, merupakan harta yang sungguh sangat bermakna dan mulia.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar